PENDAHULAUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Kemampuan
melaksanakan sholat dengan baik dan benar merupakan salah satu kemampuan
yang harus dimiliki oleh siswa sebagai hasil belajar pada materi sholat dikelas
IV SD, oleh karena itu pembelajaran sholat khususnya pada kemampuan praktek
menjadi perhatian guru dan siswa. Pemilihan strategi modeling the way
yang akan membantu siswa dan guru dalam mewujudkan tujuan yang ingin dicapai,
sesuai dengan pendapat Menurut Hisyam Zaini, (2008: 76 ) strategi Modelling
The Way memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mempraktekkan
keterampilan spesifik yang di pelajari dikelas melalui demonstrasi.
Berdasarkan
kompetensi dasar yang tercantum pada silabus mata pelajaran PAI di tingkat
sekolah dasar pada kelas 4, menuntut kecakapan melakukan gerakan sholat wajib
dengan baik dan benar, Nanum pada kenyataannya kebanyakan siswa kelas 4 belum
mampu melakukan gerakan sholat dengan baik dan benar. Hal ini terlihat dari
hasil pengamatan praktek sholat yang dilakukan di kelas 4 SD Negeri Patuanan I
terlihat bahwa masih banyak siswa yang belum mampu melakukan gerakan-gerakan
sholat dengan baik dan benar, terlebih pada kenyataannya, dari pengalaman
selama mengajar, dapat dicermati, bahwa siswa yang lulus dari sekolah dasar
bahkan sampai dijenjang SMA pun, masih banyak yang belum mampu melakukan
gerakan sholat dengan baik dan benar, Padahal kebanyakan dari mereka
adalah beragama Islam, dimana sholat merupakan kewajiban yang harus dilakukan
oleh setiap pemeluknya. Hal ini termaktub dalam alqur’an dalam surah Al-Baqarah
ayat 43
وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ
Dan
Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang
ruku'.
Kesenjangan-kesenjangan
inilah yang membawa peneliti, untuk melakukan penelitian ini, guna meningkatnya
aktivitas belajar dan kemampuan dalam melakukan gerakan sholat wajib dengan
baik dan benar pada siswa kelas 4 SD Negeri Patuanan I, Tahun pelajaran 2015/2016.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan penelitian :
Apakah melalui strategi modelling the way dapat meningkatkan aktivitas dan
kemampuan dalam melakukan sholat wajib pada siswa Kelas IV SD Negeri Patuanan I
Semester I tahun pelajaran 2015/2016?
C.
Tujuan Penelitian
Tujuan
penelitian tindakan kelas ini adalah medeskripsikan aktivitas dan kemampuan
dalam melakukan sholat wajib melalui strategi modelling the way pada siswa
Kelas IV SD Negeri Patuanan I Semester I tahun pelajaran 2015/2016.
D.
Manfaat Penelitian
Manfaat
penelitian ini adalah :
Bagi siswa, Penelitian
ini dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan dalam melakukan sholat wajib.
Selain itu, melalui penggunaan strategi modelling the way siswa termotivasi
dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama islam khususnya materi sholat. Menghilangkan
anggapan bahwa belajar PAI itu sulit.
Bagi
Guru, penelitian ini dapat membantu guru memperbaiki metode pembelajaran mata
pelajaran pendidikan agama Islam, sebagai masukan untuk meningkatkan minat dan
perhatian siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam dan dapat
meningkatkan rasa percaya diri guru dalam proses pembelajaran mata pelajaran
pendidikan agama Islam di kelas IV SD.
Bagi
Sekolah dan Pendidikan secara umum penelitian ini memberikan sumbangan positif
tentang metode pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas IV SD,
menanggulangi kesulitan pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas IV dan
menciptakan kerjasama yang kondusif antara guru sebagai peneliti dengan sekolah
untuk kemajuan sekolah dalam pelajaran pendidikan agama Islam.
0 komentar:
Posting Komentar