Minggu, 01 Januari 2017

PTK PAi SD : Meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa melalui metode demonstrasi di kelas 5

0

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Qur’an menurut bahasa adalah “bacaan”. Adapun definisi al-quran adalah kalam Allah SWT. yang merupakan mu’jizat yang diturunkan (diwahyukan) kepada Nabi Muhammad SAW. dan membacanya adalah ibadah. Dengan definisi ini, maka kalam Allah yang diturunkan kepada nabi-nabi selain Nabi Muhammad Saw tidak dinamakan Al-quran. Al-Qur’an adalah kitab suci yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad Saw, sebagai salah satu rahmat yang tidak ada taranya bagi alam semesta. Di dalamnya terkumpul wahyu illahi yang menjadi petunjuk, pedoman, dan pelajaran bagi siapa yang mempercayainya serta mengamalkannya. Bukan itu saja, tetapi juga Al-quran itu adalah kitab suci paling terakhir yang diturunkan Allah, yang isinya mencakup segala pokok-pokok syariat yang terdapat dalam kitab-kitab suci yang diturunkan sebelumnya. Karena itu, setiap orang yang mempercayai Al-quran, akan bertambah cinta kepadanya, cinta untuk membacanya, untuk mempelajari dan memahaminya serta pula untuk mengamalkan dan mengajarkannya. Setiap mukmin yakin, bahwa membaca Al-quran termasuk amal yang sangat mulia dan akan mendapatkan pahala. Al-quran adalah sebaik-baik bacaan bagi orang mukmin, baik di kala senang maupun dikala susah dikala gembira ataupun dikala sedih, bahkan membaca al quran menjadi obat dan penawar bagi orang yang gelisah jiwanya. Setiap mukmin yang mempercayai Al-quran, mempunyai kewajiban dan tanggung jawab terhadap kitab sucinya itu. Diantara tanggung jawab itu ialah mempelajarinya dan mengajarkannya. Belajar dan mengajarkan Al-quran adalah kewajiban suci dan mulia. Rasulullah SAW. bersabda “Yang sebaik-baik kamu ialah orang yang mempelajari Al-quran dan mengajarkannya”.
Kini kita hidup di dunia yang tanpa batas (borderless), era globalisasi. Berbagai informasi baik itu diperlukan atau tidak, buruk atau baik menghampiri rumah-rumah kita setiap saat tanpa dapat dibendung. Banjir informasi yang sebagian besar tidak diperlukan ini bagi sebagian kecil orang merupakan anugerah, namun bagi sebagian besar lainya lebih sering berakibat buruk walaupun kadang kurang disadarinya. Era informasi yang oleh Alvin Tofler disebut dengan istilah gelombang ketiga “third wave” ini melanda seluruh dunia. “Barang siapa yang menguasai informasi maka dia akan menguasai dunia” bukanlah isapan jempol. Sayangnya, yang menguasai pusat-pusat informasi adalah mereka yang bermodal besar namun minim tanggung jawab moral, sehingga program-program yang disuguhkan sebagian besar program yang tidak mendidik bahkan cenderung merusak moral. Bagi mereka tidak masalah apapun program yang disajikan selama itu disukai masyarakat dan mendatangkan keuntungan yang banyak. Akibat selanjutnya adalah terjadinya dekadensi moral melanda sebagian besar masyarakat. Pergaulan bebas, gaya hidup yang serba bebas, obat-obatan terlarang, minum-minuman keras, dan efek-efek negatif lainnya.
Untuk mengantisipasi dampak negatif media informasi yang merusak perlu adanya gerakan kembali kepada Al-quran dalam rangka menggali nilai-nilai Al-quran sebagai perisai guna membentengi diri dalam menghadapi budaya-budaya yang merusak moral. Belajar Al-quran hendaknya dilakukan dari semenjak dini sekitar 5 atau 6 tahun, sehingga ketika beranjak remaja anak diharapkan familiar dengan bacaan-bacaan Al-quran bahkan sudah mampu menghafal surat-surat pendek. Belajar Al-quran dapat dibagi kepada beberapa tingkatan, yaitu belajar membacanya sampai lancar dan baik, menuruti qaedah-qaedah yang berlaku dan qiraat dan tajwid, belajar arti dan maksudnya sampai mengerti akan maksud-maksud yang terkandung di dalamnya dan belajar menghafalnya di luar kepala. Tidak dapat dipungkiri masih terlalu banyak anak-anak yang belum bisa membaca dan menulis Al-quran dengan berbagai alasan padahal Al- quran merupakan rujukan utama bagi umat Islam.
Bagaimana bisa menggali nilai-nilai Al-quran dalam rangka membentengi diri dalam menghadapi budaya-budaya yang merusak moral jika anak tidak dapat membaca dan menulis Al-quran. Berdasarkan uraian tersebut di atas penulis tertarik untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan judul : “Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-quran siswa di Kelas V SD Negeri Patuanan I Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka”.
B.     Identifikasi Masalah
Bertolak dari latar belakang masalah tersebut di atas, maka pokok-pokok masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Kemampuan siswa kelas V SD Negeri Patuanan I dalam membaca Al-Qur’an kurang lancer
2.      Kemampuan siswa kelas V SD Negeri Patuanan I dalam menulis Al-Qur’an masih kurang.
3.      Penggunaan metode pembelajaran masih terlalu sulit, sehingga prestasi yang dicapai masih rendah.
C.     Pembatasan dan Rumusan Masalah
1.      Pembatasan Masalah Agar pembahasan dalam penelitian ini tidak terlalu meluas, maka penulis akan membatasinya pada : Penggunaan metode demonstasi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Quran siswa kelas V SD Negeri Patuanan I.
2.      Rumusan Masalah Masalah adalah pertanyaan-pertanyaan yang sengaja diajukan untuk dicari jawabannya melalui penelitian, Sudjana N. (1997:21). Menurut pendapat di atas masalah yaitu masalah-masalah yang sengaja diajukan jawabannya diperoleh melalui penelitian. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka masalah penelitian ini adalah :
a.       Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan aktifitas siswa membaca dan menulis Al quran di kelas V SD Negeri Patuanan I ?
b.      Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al quran siswa di SD Negeri Patuanan I ?
c.       Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi membaca dan menulis Al quran siswa di SD Negeri Patuanan I ?
D.    Tujuan Penelitian
Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk Meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam pembelajaran PAI aspek Al quran melalui metode demonstrasi di SD Negeri Patuanan I
2.      Untuk mengetahui efektifitas metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa dalam pembelajaran PAI aspek Al quran
3.      Meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI aspek Al quran melalui metode demonstrasi di SD Negeri Patuanan I
E.   Manfaat Penelitian
Hasil penelitian tindakan kelas ini diharapkan memberikan manfaat terhadap perbaikan kualitas pendidikan dan pembelajaran, di antaranya :
1.      Bagi siswa,
Dapat lebih meningkatkan pemahaman dan penghayatan siswa, berani bertanya, mengemukakan pendapat dan dapat meningkatkan hasil belajar PAI aspek AlQur’an
2.      Bagi guru,
Sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar PAI dengan metode demonstrasi.
Berdasarkan uraian tersebut di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan judul : Meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa melalui metode demonstrasi di kelas 5 pada semester 2 di SD Negeri Patuanan I.

ptkp 2016, ptk,ptkp 2015,ptkp 2014, ptk sd,ptki, ptkp 2013, ptk adalah, ptk paud, ptk bahasa indonesia, ptk ips smp, ptk matematika smp, ptk dikmen, ptk sd kelas 4, ptk ipa smp, ptk bahasa inggris, ptk agama islam sd, ptk agama kristen, ptk agama islam sd lengkap, ptk agama kristen sd, ptk artinya, ptk akuntansi, ptk adalah suatu bentuk inkuiri yang didahului dengan refleksi. pendapat ini dikemukakan oleh, ptk akuntansi pdf, ptk agama katolik, ptk bahasa inggris smp, ptk bahasa indonesia smp, ptk bahasa inggris sma, ptk bk, ptk bahasa indonesia sma, ptk bahasa indonesia smp kelas 8, ptk biologi sma, ptk bahasa inggris smp pdf, ptk contoh, ptk ctl, ptk cilacap, ptk cerpen, ptk card sort, ptk cooperative learning, ptk crew, ptk ctl sd, ptk circ, ptk cooperative script, ptk dikdas, ptk di indonesia, ptk dapodik, ptk doc, ptk di sd, ptk discovery learning, ptk di tk, ptk dikdas ksb, ptk dan pts, ptk ekonomi sma, ptk expo 2016, ptk ekonomi sma pdf, ptk expo, ptk ekonomi akuntansi sma, ptk ekonomi sma doc, ptk ekonomi sma kelas x, ptk ekonomi kls x, ptk ekonomi smp, ptk ekonomi kelas xi, ptk fisika sma, ptk fisika, ptk fisika sma pdf, ptk fiqih, ptk fisika sma kelas xi, ptk fisika smk, ptk fiqih mts, ptk fisika smp kelas 8, ptk fisika smp, ptk fiqih mi, ptk guru sd, ptk guru, ptk guru tk, ptk geografi, ptk guru smp, ptk geografi sma doc, ptk geografi sma kelas xi, ptk geografi sma pdf, ptk gpo, ptk guru adalah, ptk hasil belajar, ptk hasil belajar matematika, ptk harus smart, ptk hasil belajar ipa, ptk hilang di dapodik 2016, ptk hopkins, ptk honors institute 2016, ptk hamburg, ptk hessen, ptk honor society, ptk ipa, ptk ipa sd, ptk ipa biologi smp, ptk ipa sd kelas 4 lengkap, ptk ips sd, ptk ipa smp pdf, ptk ipa sd kelas 5,ptk ips smp doc, ptk jigsaw, ptk jadi, ptk john elliot, ptk juara nasional, ptk jigsaw matematika, ptk jigsaw ips, ptk jigsaw ipa smp, ptk jenis penelitian, ptk jadi sd, ptk jurnal penyesuaian, ptk kelas 1 sd, ptk kelas 2 sd, ptk kimia, ptk kelas 4 lengkap, ptk kemenag, ptk kelas 3 sd, ptk kimia sma, ptk kelas 5 sd, ptk kelas 1 sd pdf, ptk kemdikbud, ptk lengkap, ptk login, ptk layanan gpo, ptk lompat jauh, ptk lpmp, ptk lompat jauh gaya jongkok, ptk lengkap kelas 1 sd, ptk listening, ptk lari jarak pendek, ptk lari cepat,ptk matematika, ptk matematika sma, ptk matematika sd, ptk matematika sd kelas 6, ptk matematika sd kelas 4, ptk matematika smp kelas 8, ptk matematika sma doc, ptk matematika smp kelas 9 doc, ptk matematika smk, ptk nht, ptk nuptk, ptk nht matematika, ptk naik pangkat, ptk nht matematika smp, ptk narrative text, ptk numbered head together, ptk nht ipa, ptk nrg, ptk net, ptk online, ptk olahraga, ptk olahraga smp, ptk olahraga sma, ptk otomotif, ptk olahraga atletik, ptk oo7, ptk otomotif pdf, ptk olahraga lengkap, ptk operasi hitung campuran, ptk pai sd, ptk pai, ptk pai smp, ptk pkn, ptk penjas, ptk penjas smp, ptk penjaskes sd, ptk pkn sd, ptk pdf, ptk qur'an hadits mts, ptk quantum teaching, ptk qur'an hadits mi, ptk qur'an hadits ma, ptk quantum learning, ptk qur'an hadits, ptk qur'an hadits madrasah aliyah, ptk qur'an hadits mi kelas 3, ptk qur'an hadist mts, ptk qur'an hadits mi kelas 1, ptk role playing, ptk revisi 3, ptk ra, ptk renang, ptk relasi dan fungsi, ptk rev 3, ptk reading comprehension, ptk report text, ptk role play, ptk kerangka manusia, ptk sd kelas 5, ptk sd kelas 2, ptk sd kelas 1, ptk sd kelas 6, ptk simpatika, ptk seni budaya, ptk sd kelas 1 lengkap, ptk sd kelas 6 pdf, ptk tk, ptk tik smp, ptk tik sma,ptk tk 2016, ptk talking stick, ptk tik smp pdf, ptk tematik, ptk tata busana, ptk terbaik, ptk tentang motivasi belajar, ptk ut, ptk untuk sd, tk untuk tk, ptk ut sd, ptk untuk naik pangkat, ptk uny, ptk upaya meningkatkan hasil belajar, ptk untuk guru sd, ptk untuk paud,ptk untuk kenaikan pangkat, ptk verval, ptk voli sd, ptk versi lpmp, ptk vala oferta, ptk vala transfer kredi, ptk vala, ptk változások 2014, ptk változások, ptk változás 2014, ptk vala rrethi, ptk writing, ptk word, ptk warning di dapodik, ptk writing bahasa inggris smp, ptk wikipedia, ptk warning dapodik 2016, ptk wp&b, ptk welding, ptk weather, ptk website, xxi ptk, f-ptk xls, f-ptk xls 2013, 018 ptk x 2008, ptk ekonomi x,ptk kelas x, 040/ptk/xi/2010, ptk kimia x, ptk sejarah x, ptk ekonomi xi, ptk yaitu, ptk yang baik, ptk yang ada di jakarta, ptk yang baik dan benar, ptk yang ikatan dinas, ptk yang gratis, ptk yang sudah jadi, ptk yang mengisi pmp, ptk yang masih membuka pendaftaran, ptk youtube, ptk zimbra, ptk zimdancehall, ptk zimdancehall 2016, ptk zim dance, ptk zainal aqib, ptk zakat fitrah, ptk zawiercie, ptk zawiercie rozkład jazdy, ptk zalecenia, ptk zaklatás, ptk 007, ptk 007 revisi 2, ptk 007 revisi 2 buku ketiga,ptk 059, ptk 007 buku kelima, ptk 018 revisi 2, ptk 044, ptk 007 revisi 2 pdf, ptk 041, ptk 018,  ptk 18 skk migas, ptk 18, ptk 15, ptk 14 e, ptk 1959, ptk-1240, ptk 14 e bosch, ptk 14 edt, ptk 14, ptk 19e, ptk 2016, ptk 2017, ptk 2015, ptk 2016 pdf, ptk 2 siklus, ptk 2012, ptk 223, ptk 2011, ptk 23, ptk 2015 program, ptk 3 siklus, ptk 301, ptk 3.6 li, ptk 301. késedelmi kamat kalkulátor, ptk 30, ptk 306, ptk 305 § 311 a §, ptk 301 1 bek, ptk 3 6, ptk 339, ptk 40 side effects, ptk 440 wacom driver, ptk-440, ptk 440 driver, ptk 440 wacom, ptk 450 wacom, ptk 40, ptk 474 § (1) bek, ptk 402, ptk 40 drops, ptk 59, ptk 59 skk migas, ptk 540wl driver, ptk 540wl, ptk 523, ptk5507,ptk 551, ptk. 525 paragrafus, ptk 523 paragrafus, ptk-540wl/k0, ptk 640, ptk 650 driver, ptk 60, ptk-650, ptk 640 wacom, ptk 640 wacom driver, ptk-650 wacom, ptk 640 wacom driver mac, ptk 640 wacom intuos4, ptk 640 intuos, ptk 75, ptk787, ptk 73, ptk7, ptk 7 rev ii, ptk 7 rev 2, ptk 7. könyv, ptk 74 c, ptk. 74/c. § (3), ptk 75§, ptk 840, ptk 840 wacom driver, ptk 840 wacom, ptk 89, ptk 840 driver, ptk 81, ptk 840 intuos4, ptk 81§, ptk-840 driver windows 7, ptk 80, ptr 91, ptk 99§, ptk 98§, ptk. 97. § (2), ptk 95§, ptk. 98.-99. §, ptk 98, ptk 97 §, ptk 97, ptk kelas 9,

0 komentar:

Posting Komentar